Sejarah Komputer dan Bagian - bagian komputer

Sejarah Komputer Dari Beberapa Generasi 

Generasi ke-0 à Mechanical Computers


Abacus, yang muncul sekitar 4000 tahun sebelum masehi. Disusun atas lempengan tipis dari batu dengan batu koral yang dikaitkan pada kawat.

 

 

 


 1642.  Blaise Pascal menemukan kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit.

 

 



1821. Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris, Charles Babbage yang menciptakan mesin komputasi penyelesaian persamaan differensial yang terdiri dari sekitar 50.000 komponen. Desain dasar dari Analytical Engine menggunakan kartu-kartu perforasi (berlubang-lubang) yang berisi instruksi operasi bagi mesin tersebut

 

 


 1934.  John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah.




Sejarah Komputer generasi pertama menggunakan tabung vakum (1946 – 1959)

Pada tahun 1946 komputer diciptakan dengan tabung vakum sebagai komponen utamanya. Beratnya hampir 30 ton. Tapi hal ini sangat tidak efisien karena membutuhkan daya listrik yang besar serta panas yang berlebih. Generasi pertama ini, masih menggunakan bahasa mesin yang hanya bisa dimengerti oleh komputer itu sendiri.

Inputnya menggunakan sebuah pita kertas dan punched card. Dengan output berupa printer. Yang mana, pada waktu itu membutuhkan sekitar 1 juta dollar hanya untuk mendapatkannya Ciri-cirinya yaitu :

  • Proses kurang cepat
  • Daya simpannya kecil
  • Suhunya cepat panas sehingga membutuhkan sebauh pendingin
  • Ukuran hardware sangat besar, sehingga membutuhkan ruangan yang luas.

 

Sejarah Komputer generasi kedua (1959 – 1965) transistor

Generasi tabung vakum mengalami perkembangan. Sehingga tergantikan oleh teknologi transitor sebagai komponen utama yang sangat canggih. Mulai digunakan sekitar tahun 1959 hingga 1965. Beberapa kelebihan yang dimiliki adalah ukuran yang lebih kecil, tidak terlalu panas, dan minim tingkat kegagalan.

Generasi ini sudah tidak lagi menggunakan bahasa mesin seperti sebelumnya. Digantikan dengan bahasa FORTRAN dan CBOL. Sehingga bisa dikatakan bahwa komputer transitor adalah lebih baik dibanding tabung vakum. Ciri-cirinya adalah sebagai berikut :

  • Proses operasi lebih cepat
  • Mengembangkan magnetic score storage sebagai memori utamanya
  • Orientasi penggunaan program tidak hanya pada orientasi bisnis tetapi juga orientasi teknik
  • Mampu melakukan proses real time dan real sharing
  • Bahasa pemrograman tingkat tinggi

Sejarah Komputer generasi ketiga integrated circuit (1965 – 1971)

Generasi ini disebut dengan generasi ketiga. Bentuk transistor diperkecil kemudian dietakkan pada IC bersama beberapa resistor dan kapasitor. Pertama kali dikembangkan oleh Jack Kilby yang merupakan seorang insinyur listrik. Kelebihannya adalah lebih cepat dan efisien. Juga merupakan komputer yang pertama kali menggunakan monitor dan keyboard.

Mengalami kemajuan dibanding sebelumnya yang menggunakan kertas. Karena dibandrol dengan harga yang cukup murah. Sehingga pada masa itu, orang-orang mampu membelinya. Ciri-cirinya di bawah ini :

  • Kapasitas memori lebih besar
  • Menggunakan terminal visual display yang bisa mengeluarkan suara
  • Media penyimpanan dengan kapasitas yang besar
  • Karena menggunakan IC, sehingga memiliki performa yang lebih cepat
  • Peningkatan software
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Komputer generasi keempat microprosesor (1971 – Sekarang)

Pertama kali dibuat oleh IBM pada tahun 1971. Kemudian di tahun 1984 perusahaan Apple merilis Macintosh. Sejarah komputer dan perkembangannya selanjutnya memasuki masa microprosessor. Yang mana, masih digunakan oleh beberapa masyarakat Indonesia hingga saat ini.

Bersamaan dengan generasi microprosessor ini, lahirlah internet. Tampilan monitornya masih menggunakan satu warna (green color). Selain itu, dikembangkan sebuah chip sebagai memori komputer. Seiring berkembangnya waktu, para pakar mencoba untuk melengkapi apa yang belum ada. Yaitu PC-Compatible.

Komputer Generasi Kelima Artificial intelligence (Sekarang – Masa Depan)

Yang terbaru dari perkembangan komputer adalah munculnya teknologi bernama AI. Yang memiliki kecerdasan buatan sehingga dapat melakukan input dengan lebih baik. Bahkan dengan teknologi ini, Anda dapat menginput bahasa yang digunakan sehari-hari, menyesuaikan keadaan dan mempelajari lingkungan sekitar.

Banyak developer yang saat ini sudah mulai menggunakannya. Disebut sebagai komputer masa depan. Dikembangkannya intel dan microsoft yang diprakarsai oleh Bill Gates yang merupakan pionir dari standar hardware dan software di seluruh dunia. Ditandai dengan munculnya smartphone, tablet, netbook dan masih banyak lagi yang lainnya.

Juga LSI (Large Scale Integration) yang memadatkan ribuan microprosessor. Yang paling terbaru adalah Pentium Empat yang dikeluarkan oleh Intel Corporation. Walaupun komputer generasi ini memiliki bentuk yang kecil dan sederhana. Tetapi memiliki kecepatan dan kecanggihan yang tidak perlu diragukan lagi.


Bagian Bagian yang terdapat pada komputer antara lain :

 

 Motherboard 


Motherboard adalah papan sirkuit terintegrasi yang menjadi komponen utama dari sebuah komputer. Fungsi motherboard adalah menghubungkan seluruh komponen utama komputer seperti CPU, RAM, CD/DVD-ROM, hardisk / SSD, serta berbagai port dan slot ekspansi.

 

CPU / Prosesor


CPU (Central Processing Unit) atau yang lebih dikenal sebagai prosesor merupakan otak dari komputer. CPU bertugas melakukan kalkulasi setiap perintah yang dijalankan di komputer. Untuk mencegah overheat (panas berlebih), CPU biasanya dilengkapi heatsink dan kipas. Beberapa CPU juga ada yang dilengkapi sistem water cooling. Berbagai CPU modern saat ini sudah dilengkapi dengan GPU (Graphic Processing Unit).

RAM / Memory

 


RAM (Random Access Memory) tugasnya adalah menyimpan data dan berbagai proses agar bisa diakses dengan sangat cepat oleh CPU atau komponen komputer lainnya. Idealnya, semakin besar jumlah RAM maka komputer akan semakin cepat karena semakin besarnya kapasitas RAM untuk menyimpan data dan proses.

Video Card / GPU / VGA / Kartu grafis


Kartu grafis atau yang biasa disebut VGA / GPU / Video Card adalah komponen komputer yang bertugas memproses grafis. Mayoritas pengguna komputer hanya memerlukan GPU internal (integrated), tetapi gamer, animator, desainer, dsb memerlukan dedicated GPU yang memiliki kapasitas besar sehingga bisa memproses grafis berat.  

Hardisk (HDD) / SSD


Hardisk adalah media penyimpanan yang bisa digunakan untuk menyimpan data, termasuk juga sistem operasi. Selain HDD (Hard Disk Drive) konvensional, saat ini SSD (Solid State Drive) juga sudah populer digunakan, terutama di laptop, netbook, atau PC portabel lainnya. Dibandingkan HDD, SSD memiliki kecepatan baca / tulis yang jauh lebih tinggi dan jauh lebih hemat penggunaan daya karena tidak menggunakan komponen mekanik didalamnya.


Power Supply


Power Supply Unit (PSU) adalah komponen yang mengkonversi listrik arus AC menjadi DC bervoltase rendah, sehingga bisa dijadikan sebagai sumber daya bagi semua komponen komputer. 


Referensi :

https://muhamadridwan-teknikinformatika.blogspot.com/2020/09/sistem-komputer.html

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar