ISD SEBAGAI SALAH SATU DARI MKDU

Kita sebagai manusia pasti sudah tidak asing dengan kehidupan sosial dalam bermasyarakat, manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat bertahan hidup tanpa bantuan oranglain. Kita pasti membutuhkan oranglain untuk saling melengkapi satu sama lain. Kita juga harus memahami ilmu sosial dalam bermasyarakat. Salah satunya Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Disini kalian akan menemukan jawaban dari pengertian, tujuan, serta permasalahan dalam bersosialisasi di kehidupan masyarakat.


     

ILMU SOSIAL DASAR

1. Pengertian Ilmu Sosial Dasar
     Ilmu Sosial Dasar adalah suatu ilmu pengetahuan yang menjelaskan serta membahas tentang masalah masalah yang timbul dalam kehidupan sosial. Ilmu Sosial Dasar ini diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai macam bidang ilmu keahlian dalam ilmu ilmu sosial lainnya, misalnya: ekonomi, sejarah, sosiologi, antropologi, psikologi sosial, dan sebagainya.
 
2. Tujuan Ilmu Sosial Dasar
    Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan untuk membantu perkembangan pengetahuan, ide, wawasan serta kepribadian dalam bersosialisasi semakin luas. Dalam hal ini Perguruan tinggi diwajibkan memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep permasalahan yang timbul di masyarakat agar nalar mahasiswa dalam kepekaan masyarakat berkembang.
 - Memahami dan menyadari adanya kenyataan kenyataan sosial serta masalah sosial yang ada didalam masyarakat
 - Sadar terhadap masalah-masalah sosial dan ikut serta dalam mengatasinya
 - Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat bersifat kompleks
 - Memahami para pakar ahli dari bidang pengatahuan lainnya dan berkomunikasi dengan mereka untuk menuntaskan masalah sosial dalam kehidupan masyarakat.

3. Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
    Sebelum mempelajari ilmu sosial dasar hendaknya kita mengetahui masalah masalah sosial serta memahami konsep sosial tertentu. 
Masalah masalah sosial yang timbul di masyarakat biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan sosial antara satu dengan yang lainnya saling berkaitan.
 - Masalah individu, keluarga, dan masyarakat
 - Masalah pemuda dan sosialisai
 - Masalah hubungan warga negara dan negara itu sendiri
 - Masalah masyarakat kota dan masyarat kota
 - Masalah rakyat dan wakil rakyat

Dari sini kalian sudah mengetahui tentang Ilmu Sosial Dasar, mulai dari definisi, tujuan serta ruang lingkup dari Ilmu Sosial Dasar itu sendiri.


Ilmu Pengetahuan Sosial

1. Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial
    Ilmu Pengetahuan Sosial adalah ilmu pengetahuan mengenai segala sesuatu dalam bermasyarakat. Kajian tentang masyarakat dalam IPS dapat dilakukan di lingkungan terbatas, seperti lingkungan sekolah atau siswa dan siswi, maupun di lingkungan yang luas, seperti lingkungan antar negara. Dengan demikian siswa dan siswi yang mempelajari IPS dapat mengetahui konsisi dimasa sekarang dengan dibekali pengetahuan tentang masa lampau umat manusia. Untuk lebih memahami tentang pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial ini, kita simak saja pengertian menurut para ahli
  1. Somantri(Sapriya:2008:9) menyatakan IPS adalah penyederhanaan atau disiplin ilmu ilmu sosial humaniora serta kegiatan dasar manusia yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan pedagogis/psikologis untuk tujuan pendidikan.
  1. Mulyono Tj.(1980:8) berpendapat bahwa IPS adalah suatu pendekatan interdisipliner (inter-disciplinary approach) dari pelajaran ilmu-ilmu soial, seperti sosiologi antropologi budaya, psikologi sosial,sejarah, geografi, ekonomi, politik, dan sebagainya.

2.  Tujuan Ilmu Pengetahuan Sosial
    Ilmu Pengetahuan Sosial mempunyai tujuan. Tujuan utama social studies adalah membantu para  generasi muda untuk mengembangkan kemampuan pengetahuan dan keputusan yang rasional sebagai warga masyarakat yang beraneka budaya, masyarakat demokratis dunia yang saling berketergantungan (NCSS, 2008:2) National Council of the social studies)). Sedangkan menurut KTSP tahun 2006 tujuan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah dasar agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
  1. Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkung-
  2. Memiliki kemampuan dasar untuk berfikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri,
    memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial.
  3. Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial kemanusiaan.
  4. Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat
    yang majemuk dan ditingkat lokal, nasional dan global.

3. Perbedaan dan Persamaan IPS dan ISD
Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) mempunyai persamaan serta perbedaan masing masing
Adapun persamaan antara keduanya adalah :
  1. Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan programpendidikan/pengajaran.
  2. Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
  3. Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial danmasalah sosial
Adapun Perbedaan kedua ilmu tersebut:
  1. Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedang Ilmu PengetahuanSosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
  2. Ilmu Sosial Dasar merupakan satu matakuliah tunggal, sedang IlmuPengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan).
  3. Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian,sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukanpengetahuan dan ketrampilan intelektual.
 - Adapun Perbedaan kedua ilmu tersebut:
  1. Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedang Ilmu PengetahuanSosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
  2. Ilmu Sosial Dasar merupakan satu matakuliah tunggal, sedang IlmuPengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan).
  3. Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian,sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukanpengetahuan dan ketrampilan intelektual.
Demikian Definisi, tujuan, ruang lingkup serta persamaan dan perbedaan dari Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Kesimpulan ilmu ini saling melengkapi satu sama lain, semua ilmu pengetahuan pasti bermanfaat kedepannya. 










0 komentar:

Posting Komentar