MEMBUAT RUMUS DAN FUNGSI PADA MS.EXCEL

Cara-Cara Membuat Rumus dan Fungsi di Ms.Excel

Dalam Artikel kali ini saya akan membahas tentang cara membuat suatu rumus di Ms.Excel, rumus-rumus ini berfungsi untuk memudahkan para penggunanya dalam membuat suatu program di Ms. Excel.

1. Membuat Rumus Aritmatika
  • Penjumlahan
    1. Buat data terlebih dahulu pada kolom dan baris. (Contoh seperti dibawah)


    2. Jika sudah klik pada data Penjumlahan, lalu ketik =(klik data 1 + klik data 2) seperti dibawah ini. Anda juga bisa menggunakan rumus SUM(Klik Data 1 + klik Data 2) seperti bulatan merah dibawah ini.


    3. Jika Sudah, Tekan Enter untuk memunculkan hasil perhitungan.

  • Pengurangan
    1. Sama caranya seperti penjumlahan, hanya saja pengurangan memakai tanda -

    2. Tekan Enter

  • Perkalian
    1. Sama seperti penjumlahan dan pengurangan, dan memakai tanda *

    2. Tekan Enter

  • Pembagian
    1. Pembagian memakai tanda /

    2. Enter

Jika sudah, mari kita isi keseluruhan data sekaligus dengan cara klik kursor bertanda + dibagian bawah kanan layar, lalu tarik seperti ini
Dan hasilnya taraa...
 


2. Cara Menggunakan Fungsi String Pada Excel

Sebelum kita mempraktekannya, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu Fungsi LEFT, MID, Right.

Fungsi Penjelasan
LEFTMengambil karakter atau beberapa karakter paling kiri dari suatu sel yang memuat string (teks).
MIDMengambil karakter atau beberapa karakter tengah dari suatu sel yang memuat string (teks).
RIGHTMengambil karakter atau beberapa karakter paling kanan dari suatu sel yang memuat string (teks).


  • Rumus Left Pada ExcelRumus Excel LEFT adalah fungsi teks yang digunakan untuk mengambil karakter atau beberapa karakter paling kiri dari suatu sel yang memuat string (teks). Berikut sistematika penulisan rumus Excel LEFT:
    =LEFT(text,[num_chars])Mari kita Praktekan:
    1. Buat Seperti rumus seperti dibawah ini

    2. Tekan Enter

    Atau jika sudah ada data, kita dapat membuatnya seperti gambar dibawah ini1. Ini adalah cara untuk Mengambil data sebagian, atau seluruhnya.

    2. Tekan Enter

  • Rumus RIGHT pada Excel
    adalah fungsi teks yang digunakan untuk mengambil karakter atau beberapa karakter paling kanan dari suatu sel yang memuat string (teks). Berikut sistematika penulisan rumus Excel RIGHT:
    =RIGHT(text,[num_chars])
    1. Mari kita Buat seperti ini

    2. Tekan Enter

  • Rumus MID pada Excel
    adalah fungsi teks yang digunakan untuk mengambil karakter atau beberapa karakter tengah dari suatu sel yang memuat string (teks). Berikut sistematika penulisan rumus Excel MID:
    =MID(text, start_num, num_chars)
    1. Buat Data terlebih dahulu.

    2. Ketik seperti dibawah

    • Syntax MID digunakan untuk mendeklarasikan fungsi teks untuk mengambil karakter tengah.
    • text adalah teks langsung (dengan tanda petik ganda) atau alamat sel yang memuat string (teks).
    • start_num adalah nilai index karakter awal, index karakter dimulai dari angka 1. Misalnya: “EXCEL” dengan index 1 = “E”, 2 = “X”, 3 = “C”, 4 = “E”, dan 5 = “L”.
    • [num_chars] adalah banyaknya karakter yang diambil berupa nilai bilangan bulat.







Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar