Hubungan Ilmu Budaya Dasar Kesusastraan

    Dalam artikel ini saya akan membahas tentang hubungan antara ilmu budaya dasar dengan kesusastraan, tidak lupa saya akan memberikan suatu contoh pada kehidupan disekitar lingkungan kita. Sebelum itu mari kita bahas kata perkata dari Ilmu budaya dasar dan kesusastraan.

Apa itu Ilmu Budaya Dasar?
     Ilmu budaya dasar adalah ilmu dasar yang mempelajari tentang suatu nilai kebudayaan untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam kehidupan kita sehari-hari. Hal ini dapat membantu untuk menyadarkan masyarakat dalam mempertahankan nilai-nilai yang dirasa sudah dapat diterima dengan tanggung jawab dan menolak nilai-nilai yang dirasa tidak benar. 

Kesusastraan?
     Sebelum masuk definisi dari kesusastraan, mari kita bahas apa itu sastra. Sastra adalah pengungkapan pemahaman pengetahuan manusia dari segala hasil aktivitas bahasa yang bersifat imajinatif baik dari kehidupan yang sudah tergambar didalamnya, maupun dalam hal bahasa yang digunakan untuk menggambarkan kehidupan itu sendiri. Jadi kesusastraan bisa diartikan sebagai pemahaman manusia dalam hal meyakini gagasan atau ide dari sebuah bahasa yang diperoleh dari hasil pemikiran manusia itu sendiri.

Lalu apa hubungannya Ilmu budaya dasar dalam kesusastraan?
     Dari ulasan yang telah kita bahas tentu sama-sama memiliki hubungan yang berkaitan dengan manusia. Hubungan ilmu budaya dalam kesusastraan mengartikan bahwa dalam kehidupan manusia tidak luput dari budaya yang mereka jalani sebagai landasan pikiran untuk menyelesaikan masalah sehari-hari melalui komunikasi yang beraneka ragam. Dalam hal ini karena budaya dan sastra adalah nilai-nilai penting yang saling melengkapi satu sama lain.

Contoh ilmu budaya dasar dalam kesusastraan dilingkungan sekitar

  1. Tradisi gotong royong antar warga yang diadakan setiap hari minggu.
  2. Tradisi senam pagi bersama yang diadakan setiap hari minggu dipagi atau sore hari.
  3. Tradisi ronda malam, yang diadakan setiap hari dengan bergiliran antar warga.
  4. Tradisi Karang Taruna yang diadakan untuk membantu/menyelesaikan masalah yang ada di komplek/desa.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar